Pages

Sering Kurang Tidur, Berpotensi Kegemukan...

Kamis, 15 Maret 2012

Efek negatif terhadap kesehatan dari kurang tidur sangat banyak. Mulai dari perasaan lesu, kurang semangat, hingga konsentrasi yang menurun. Menurut penelitian dari Mayo Clinic di Minnesota, Amerika Serikat, kurang tidur memberikan pengaruh pada meningkatnya nafsu makan yang bisa berarkhir dengan kenaikan berat badan.

Dr Andrew Calvin, penulis utama studi dan asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic mengatakan bahwa “Banyak orang punya ide jika mereka bekerja keras sampai larut malam, mereka membakar lebih banyak energi. Tapi kami tidak menemukan perubahan berapa banyak energi berpindah ketika kurang tidur,”

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mencoba mengamati perilaku para relawan selama seminggu tinggal di rumah. Mereka berusia 18-40 tahun dan diamati kebiasaan tidur dan makannya. Kemudian, selama 8 hari, mereka ditempatkan ke klinik. Sebagian diberikan waktu tidur dengan penuh, dan sebagian lagi hanya tidur dua per tiga dari jam tidur normal. Untuk urusan makan, mereka pun boleh melahap sepuasnya menu yang ada di kantin selama penelitian. Namun, peneliti tetap mengamati asupan kalori dari tiap relawan.

Hasilnya, relawan yang kurang tidur punya kalori rata-rata 549. Nilai ini cukup tinggi dibanding relawan yang cukup tidur.  Indikasi kegemukan juga terlihat pada mereka yang kurang tidur. Peneliti mengatakan, ada hubungan antara kurang tidur dengan kegemukan yang mungkin akan memicu penyakit diabetes tipe 2.

Dr Calvin mengatakan bahwa, "Studi ini menunjukkan bahwa dua hal itu memang mungkin berhubungan. Dan jika temuan ini dikonfirmasi, mereka mungkin menyarankan bahwa tidur merupakan faktor kuat dalam seberapa banyak kita makan dan seberapa kemungkinan mendapatkan berat badan,”

Jadi alangkah baiknya dalam aktivitas harian yang padat, sempatkanlah waktu maksimal dua kali sehari untuk tidur. Karena tidur merupakan proses refresh terhadap otak setelah otak bekerja keras selama aktivitas yang padat..

Semoga artikel ini bermanfaat.. :-) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Apa Aja Boleehh.. © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum