Pages

Meskipun Merokok, Penderita Kanker Paru Tetap Merokok

Senin, 12 Maret 2012

Ngeyel. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pasien kanker paru dan kolorektal menurut hasil penelitian Massachusetts General Hospital / Harvard Medical School di Boston. Meski mereka menderita kanker ganas, ternyata masih nekat untuk terus melanjutkan aktivitas merokoknya tanpa takut sakitnya tambah parah.

Penelitian yang dikoordinir oleh Elyse R. Park, PhD, MPH dilakukan terhadap 5.338 yang mempunyai keluhan kanker paru dan kolorektal. Hasilnya, terdapat sekitar 39 persen pasien kanker paru dan sekitar 14 pasien kanker kolorektal yang awalnya merokok, dan setelah lima bulan berjalan, sebagian dari mereka diketahui tetap melanjutkan aktivitas merokoknya. Terdapat 14 persen pasien kanker paru dan 9 persen pasien kanker kolorektal yang setia merokok.

Jika pasien tetap merokok, maka akan ada hambatan dalam pengobatan. Menurut peneliti, fokus pada pasien kanker paru adalah pengobatan. Namun, merokok bisa membuat respon pasien terhadap pengobatan ikut negatif. Pasien menjadi kurang optimal dalam pengobatan.

Penelitian yang dimuat jurnal American Cancer Society tersebut memaparkan beberapa kondisi pasien yang tetap terus merokok. Pada pasien kanker paru, umumnya punya asuransi kesehatan, indeks massa tubuhnya lebih rendah, jarang punya dukungan emosional, belum mengalami kemoterapi, belum pernah operasi, pernah menderita penyakit jantung sebelumnya, dan merokok per hari dalam jumlah banyak.

Sementara itu, pasien kanker kolorektal yang terus merokok cenderung pria, punya tingkat pendidikan rendah, belum ikut asuransi, belum pernah menjalani operasi, dan merokok dalam jumlah besar per hari.

Menurut dr Park, "Temuan ini dapat membantu dokter mengidentifikasi pasien kanker yang berisiko untuk merokok dan panduan pengembangan pengobatan konseling untuk (menghindari) tembakau bagi pasien kanker"


Semoga artikel ini bermanfaat.. :-)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Apa Aja Boleehh.. © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum